Perbedaan Xiaomi Versi Redmi dan Xiaomi Versi Mi

Berikut ini mimin akan menjelaskan tentang perbedaan Xiaomi Redmi dan Mi


Anda pasti sudah mendengar kabar peluncuran smartphone layar besar terbaru dari Xiaomi bernama Mi Note Pro bukan? Di balik peluncuran smartphone (phablet) tercepat di dunia tersebut ternyata meninggalkan sedikit kebingungan bagi para penggemar Xiaomi di Indonesia. Apa sebab?

Banyak orang bertanya-tanya, apakah Xiaomi seri Mi dan Redmi itu adalah produk yang sama? Pasalnya, ada smartphone Xiaomi Redmi Note, ada pula Xiaomi Mi Note. Ada Xiaomi Redmi 1S, ada pula Xiaomi Mi 1S. Hal ini yang menjadi penyebab kebingungan banyak orang yang belum terlalu mengenal Xiaomi.

Download film Marvel terbaru, Deadpool 2 (2018) silahkan klik disini


1. Beda segmentasi

Perlu diketahui, Xiaomi Redmi dan Xiaomi Mi adalah dua jenis smartphone yang berbeda. Bisa dikatakan, varian Redmi dari Xiaomi lebih diperuntukkan bagi kalangan menengah dan entry-level. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi beberapa smartphone Redmi seperti Redmi 1S dan Redmi Note yang hanya menggunakan prosesor quad-core atau octa-core kelas menengah, baik dari Qualcomm Snapdragon maupun MediaTek.

Di lain sisi, Xiaomi Mi diciptakan untuk pengguna kelas menengah ke atas. Contohnya seperti Xiaomi Mi3, Mi4, Mi Note, hingga Mi Note Pro. Seluruhnya menggunakan prosesor kelas atas saat ini, yakni CPU quad-core atau quad-core Snapdragon 800 Series dari Qualcomm yang juga digunakan oleh smartphone high-end dari produsen lain.

2. Beda spesifikasi

Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, seri smartphone Xiaomi Redmi selain hanya dibekali prosesor kelas menengah, juga hanya dibekali kapasitas RAM 1 atau 2 GB saja. Begitu pun dengan kualitas kamera yang dimilikinya. Rata-rata smartphone seri Redmi hanya memiliki resolusi 8 MP saja (kecuali Redmi Note memiliki kamera 13 MP).

Pada smartphone seri Mi, selain memiliki prosesor tertinggi di kelasnya, juga ditunjang kapasitas RAM ekstra besar antara 3 hingga 4 GB. Sedangkan kameranya minimal sudah beresolusi 13 MP. Hal lain yang membedakan ada pada sisi desain, dimana varian Redmi rata-rata berbahan plastik, sementara varian Mi memiliki paduan material plastik dan aluminium atau stainless steel. Hal ini membuat varian Mi lebih terlihat elegan dan terasa mantap di tangan.

3. Redmi murah, Mi lebih mahal


Jika dibandingkan dari sisi harga, seluruh varian Xiaomi Redmi dibanderol di bawah US$300. Sebaliknya, seluruh varian Mi biasanya dijual di atas US$300. Contohnya adalah produk terbaru Xiaomi, yaitu Mi Note Pro yang memiliki harga cukup tinggi mencapai US$532. Jika dihitung menggunakan kurs Rupiah, harga smartphone seri Redmi biasanya tak lebih dari Rp2,5 juta, sedangkan harga smartphone seri Mi dipastikan ada di atas Rp3,5 juta.

Kesimpulan

Dari tiga poin yang telah kami beberkan di atas, seharusnya Anda sudah lebih mengerti perbedaan seri smartphone Xiaomi Redmi dan Mi. Xiaomi Redmi menawarkan spesifikasi kelas menengah dengan harga terjangkau bahkan murah, sedangkan Xiaomi Mi menawarkan spesifikasi terbaik dengan harga terjangkau yang terkadang tergolong mahal.

Di Indonesia, varian Redmi lebih banyak digemari karena memang sangat menarik dari sisi performa dan terutama harga. Xiaomi Mi tak selaris varian Redmi karena belum tersedia secara resmi di Indonesia, sehingga cukup sulit didapat.

Bagusan yang Mana Gan? Smartphone Xiaomi Seri Mi atau Redmi? 

Bagi yang sudah mengenal Smartphone keluaran Xiaomi pasti sudah paham sekali dengan dua seri unggulan Smartphone Xiaomi yaitu Mi series dan Redmi series. Dimana kedua seri tersebut memiliki keunggulan masing-masing, tapi bagi kamu yang baru pertama kali mengenal Smartphone Xiaomi, pasti sedikit dibuat bingung untuk memilih. Pilih seri Mi atau seri Redmi.

1. Mi Series 

Smartphone Xiaomi yang masuk dalam kasta Mi ini biasanya adalah jajaran produk flagship dari Xiaomi seperti Mi2, Mi3, Mi4 (Mi4i, Mi4c, Mi4s), Mi Note, Mi Note Pro, Mi Max dan yang terbaru di tahun ini adalah Xiaomi Mi5. 

Keunggulan Mi Series

  • 1. Material Smartphone menggunakan bahan yang premium seperti metal, kaca serta ada yang berbalut keramik tehel di bagian backcover
  •  Segala teknologi canggih yang ada pada xiaomi semuanya dibenamkan pada Mi series seperti prosesor terbaru, terkencang yang pada saat itu (by Qualcomm Snapdragon), kapasitas ram gede yang bisa ngalahin PC butuh kamu, dan tak lupa tersematnya GPU terbaru dari Qualcomm yaitu Adreno
  • Dukungan update OS yang cepat dan cenderung mendapatkan jatah pertama jika ada pembaharuan dari Xiaomi. Misal ada Upgrade Os ke marshmallow maka seri Mi yang akan mendapatkan notifikasi update duluan 
  • Tampilan layar yang sangat jernih serta didukung dengan kerapatan pixel yang mumpuni menjadi kelebihan seri Mi dan tak lupa perlindungan layar yang sudah menggunakan proteksi dari Corning Gorilla glass terbaru
  • Teknologi kamera terbaru disokong oleh pabrikan sony membuat foto yang dihasilkan sangat ciamik setara dengan kamera profesional menjadi kelebihan Smartphone Xiaomi pada seri Mi ini.
  • Sudah menjadi keharusan bagi Smartphone flagship Xiaomi Seri Mi ini memiliki design premium yang bisa kamu temui di seluruh seri Mi. Umumnya berdesign ramping, mewah (bukan bakmi ya), pokoknya prestigious banget dech. Bikin kamu makin pede sekalipun diadu dengan apel kroak
  • Ada logo Mi di pojok kiri atas layar
Tapi, ya ada tapinya dari Seri Mi ini:
  • Bisa dipastikan Smartphone Xiaomi di seri Mi ini minus slot micro SD walaupun kekurangan ini bisa tertutupi oleh leganya kapasitas memori yang disematkan Xiaomi pada Smartphone seri Mi mereka 
  • Karena Mi series adalah flagship nya xiaomi, maka jangan heran jika segmentasi pasar yang diincar adalah mid to end atau kelas menengah ke atas. Walau bisa dibilang ada sih seri Mi yang dijual dengan harga terjangkau namun tetap saja dirasa mahal untuk sekelas kantong mahasiswa.
2. Redmi Series 

Nah kalau tadi seri Mi adalah flagship nya xiaomi yang menyasar kalangan berduit, maka seri Redmi adalah idolanya para mahasiswa, hahahah.. Iya karena di seri Redmi ini semua yang kamu butuhkan hampir semuanya ada dan yang pasti dengan harga terjangkau.

Bisa dibilang seri Redmi ini adalah seri yang sering sekali mendapatkan pembaharuan model, misal baru keluar Redmi 3 tidak lama dari itu sudah keluar Redmi 3 Pro. Beli Redmi 3 PRO udah keluar aja Redmi 3s dan Redmi 3x dengan harga yang lebih terjangkau dan sama-sama punya fingerprint. Pastinya dibikin kesal kan? Yah mungkin karena seri Redmi ini paling banyak peminatnya.

Walau seri Redmi menyasar pasar Mid to low-end tapi teknologi yang disematkan pada Smartphone Xiaomi ini ini tidak main-main loh serta bulid quality yang mantap. Bahkan untuk seri Redmi sekarang sudah banyak yang menggunakan bahan metal sebagai pembungkusnya. Sebagai info Smartphone Xiaomi seri Redmi ini meliputi Redmi 1s, redmi 2, redmi 2 prime, redmi 3, redmi 3 pro, redmi 3s, redmi 3x, redmi 4 (coming soon), redmi note 3g, redmi note 4g, redmi note 2 helio x10, redmi note 2 prime, redmi note 3 Mediatek, redmi note 3 pro Snapdragon, tutorial lengkap seri redmi bisa kamu dapatkan di sini

Keunggulan Seri Redmi:
  • Harga paling murah, paling murahnya seri Mi adalah paling mahalnya seri redmi
  • Jeroan hardware yang sangar, walau harganya murah tapi tipe prosesor, ram dan gpu yang dibenamkan bisa disetarakan dengan flagship vendor lain
  • Untuk seri Redmi tipe baru sudah berbalut bahan metal jadi terlihat lebih mewah
  • Pas di kantong mahasiswa dan pelajar yang masih minta uang jajan dengan mama, hahahah 
  • Didukung oleh banyak developer, apalagi kalau seri redmi yang menggunakan prosesor Qualcomm, selain itu juga mungkin harganya yang murah tadi ya
  • Dengan harga yang terjangkau, sudah bisa bermain game HD kelas berat
  • Isi sendiri
Kekurangan seri Redmi:
  • Update OS Android biasanya belakangan, karena yang didahulukan adalah seri Mi
  • Ketajaman layar kurang dibandingkan seri Mi, sekalipus ppi nya sudah tinggi. Maklum lah harganya kan juga murah
  • Sektor kamera juga masih kurang jika dibanding seri Mi. Foto yang dihasilkan juga tidak setajam seri Mi
  • Tidak ada logo Mi nya di pojok atas kiri layar
Kesimpulannya lebih pilih seri Mi atau seri Redmi?

Soal ini kembali lagi keselera dan juga budget kamu. Karena kedua seri Smartphone Xiaomi tersebut menyasar segmen yang berbeda. Kalau mau dapat Smartphone flagship xiaomi dan ingin mendapat update cepat, kamera ok, layar jernih, ambil seri Mi, tapi kalau uang saki kamu pas-pasan, tiap hari saja cuma bisa makan mi instan di kosan 3x4 meter, ambil yang seri Redmi, hehehe canda ding.. Jika ingin hardware yang mumpuni tapi punya budget ngepas, ambil seri redmi. Pada dasarnya baik seri Mi dan seri Redmi itu menawarkan harga yang sangat bersahabat dibanding tetangga yang over-priced. Semuanya kembali lagi ke selera kamu

Jadi tidak perlu bingung lagi kan mau pilih seri Mi atau seri Redmi?!
Sekian ulasan dari admin tentang kelebihan dan kekurangan seri Mi dan seri Redmi pada Smartphone Android Xiaomi. 

Semoga bermanfaat.
Powered by Blogger.