Cara Membuat Deep Flash Cable (DFC) untuk Xiaomi


Kali ini saya akan memberikan tutorial cara mudah membuat Deep Flash Cable atau disingkat dengan DFC. Apa itu DFC? DFC adalah kabel data usb android yang dimodifikasi khusus untuk memaksa perangkat android masuk ke download mode atau EDL. Kabel ini biasanya digunakan pada smartphone Xiaomi Redmi Note 3 pro, Redmi 3, Redmi 3s, Redmi 3x, dan Redmi 3 pro yang mati suri.

Kabel ini sangat penting bagi sobat yang memiliki ponsel Xiaomi Redmi 3 series untuk berjaga-jaga apabila ponsel ini tiba-tiba mati dan tidak bisa hidup lagi menggunakan tombol power, bahkan diflash pun tidak bisa lagi karena tidak dapat masuk ke download mode terutama yang belum unlock bootloader. Menurut komunitas pengguna smartphone ini, kejadian tersebut merupakan kutukan pada Xiaomi Redmi 3 series, itu bagi yang percaya saja yah. Walaupun saya pribadi pernah mengalaminya, dan itu sangat menguras tenaga, pikiran dan waktu.

Sebenarnya kabel Deep Flash ini telah tersedia dan dapat sobat beli di beberapa toko online, namun jika sobat merasa hal tersebut merepotkan dan menambah biaya, sobat bisa membuatnya sendiri. Cara membuatnya pun sangatlah mudah dan telah teruji dapat membangunkan Xiaomi Redmi 3 series kembali dari mati surinya.

Yang Perlu Dipersiapkan

Baik langsung saja kita memulai tutorial ini karena mungkin diantara sobat ada yang sudah mulai pusing gara - gara masalah smartphone Xiaomi Redmi 3 series sobat yang susah hidup lagi. Agar mudah dipahami, berikut skema dari DFC.


Alat dan bahan yang sobat butuhkan adalah:
  1. Kabel data USB smartphone android bekas yang masih berfungsi. Jangan menggunakan kabel data Xiaomi Redmi 3 series sobat, disarankan yang bekas atau tidak terlalu digunakan lagi karena kabel ini nantinya akan dipotong.
  2. Gunting yang tajam atau alat pemotong untuk memotong dan mengelupas kabel.
  3. Selotip atau isolasi 

Langkah Kerja

Setelah semua bahan-bahan di atas tersedia, saatnya kita membuat Deep Flash Cable dengan cara yang mudah dan sederhana. Langkah-langkah pembuatan sebagai berikut:

  1. Potong kabel data USB menggunakan gunting atau pemotong. Pemotongan kabel ini nantinya akan menjadikan kabel data terbagi dua.
  2. Kelupas kulit kabel pada setiap ujung yang telah dipotong. Setelah kulit kabel dikelupas, sobat akan melihat 4 atau 5 kabel kecil berwarna.
  3. Kelupas juga kabel-kabel kecil tersebut sehingga kuningannya terlihat. Tampilannya kira-kira seperti gambar berikut:
Mengapa kabel hijau dan hitam tidak diselotip? Karena pada dua kabel inilah yang menjadi trik dari Deep Flash Cable untuk membuat Redmi 3 series masuk ke download mode.

untuk cara menggunakan kabel DFC sendiri, bisa sobat baca disini
Powered by Blogger.